Jumat, 21 Oktober 2011

LATAR BELAKANG EKONOMI KOPERASI

Koperasi adalah usaha yang dimiliki anggota. As autonomous, self-help organizations, cooperatives are people-centre businesses which enable people to help themselves through economic activity. Sebagai otonom, organisasi swadaya, koperasi adalah usaha orang-pusat yang memungkinkan orang untuk menolong dirinya sendiri melalui kegiatan ekonomi. Cooperatives, in addressing the common goals of their members, also help in poverty reduction, employment creation, empowerment of women and food security, among others. Koperasi, dalam menangani tujuan-tujuan bersama anggota mereka, juga membantu dalam mengurangi kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, pemberdayaan perempuan dan ketahanan pangan, antara lain. Cooperatives offer a business model that contributes to socio-economic development.

Koperasi menawarkan model bisnis yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan sosial-ekonomi. The United nations recognises the definition of a cooperatives as that elaborated by the representative body for cooperatives, the International Cooperative Alliance (ICA). A cooperative is defined as: Negara-negara Amerika mengakui definisi koperasi sebagai yang diuraikan oleh badan perwakilan untuk koperasi, Aliansi Koperasi Internasional (ICA) koperasi didefinisikan sebagai.:
An autonomous association of persons united voluntarily to meet their common economic, social and cultural needs and aspirations, through a jointly owned and democratically controlled enterprise . Sebuah asosiasi otonom dari orang-orang bersatu secara sukarela untuk memenuhi ekonomi umum, sosial dan budaya kebutuhan dan aspirasi mereka, melalui dimiliki dan dikendalikan secara demokratis perusahaan bersama-sama
Prinsip-prinsip pedoman melalui mana co-operator berusaha untuk mengembangkan organisasi koperasi mereka.

Mereka pada dasarnya prinsip-prinsip praktis, dibentuk oleh generasi pengalaman sebagai pemikiran filosofis. Prinsip-prinsip dasarnya alamat baik operasi internal dan hubungan eksternal koperasi. The principles as a whole form the heart of cooperatives; they must be taken as a whole. Prinsip-prinsip sebagai bentuk keseluruhan jantung koperasi, mereka harus diambil sebagai keseluruhan. The cooperative principles are the essential qualities that make co-operators effective, cooperatives distinct, and the cooperative movement valuable. Prinsip-prinsip koperasi adalah kualitas penting yang membuat co-operator yang efektif, koperasi yang berbeda, dan gerakan koperasi berharga. The first four principles guarantee the conditions under which members own, control and benefit from the business. Empat prinsip yang pertama menjamin kondisi di mana anggotanya sendiri, kontrol dan manfaat dari bisnis. The education principle is a commitment to make membership effective and is therefore a precondition for democratic control. Prinsip pendidikan adalah komitmen untuk membuat keanggotaan yang efektif dan karena itu prasyarat untuk kontrol demokratis. Cooperation among cooperatives is a business strategy without which cooperatives remain economically vulnerable. Kerja sama antar koperasi merupakan strategi bisnis tanpa yang ekonomis koperasi tetap rentan. The last principle, concern for community, is about corporate responsibility, and it leads into other socio-economic concerns that the United Nations, along with other cooperative stakeholders, is promoting such as poverty reduction, employment creation, social integration and protection of the environment. Prinsip terakhir, perhatian masyarakat, adalah tentang tanggung jawab perusahaan, dan mengarah ke masalah sosial-ekonomi lainnya bahwa PBB, bersama dengan pemangku kepentingan koperasi lain, mempromosikan seperti pengurangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, integrasi sosial dan perlindungan lingkungan.

Cooperative values Koperasi nilai
Cooperatives are based on the values of self-help, self-responsibility, democracy, equality, equity and solidarity. In the tradition of their founders, cooperative members believe in the ethical values of honesty, openness, social responsibility and caring for others. Koperasi didasarkan pada nilai-nilai self-help, self-tanggung jawab, demokrasi, kesetaraan, keadilan dan solidaritas. Dalam tradisi pendiri mereka, anggota koperasi percaya pada nilai-nilai etis dari kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab sosial dan kepedulian bagi orang lain.
How big is the cooperative sector? Seberapa besar sektor koperasi?

The cooperative sector worldwide has nearly a billion members in over 90 countries through the membership organizations of the ICA. Sektor koperasi di seluruh dunia telah hampir satu miliar anggota di lebih dari 90 negara melalui organisasi keanggotaan ICA.
Across different countries, the proportion of the cooperative membership to population varies, but can be as high as 1 in two people as in Finland and Singapore, one in three in Canada, New Zealand, Honduras, and Norway, one in four in the USA, Malaysia and Germany. Di seluruh negara yang berbeda, proporsi keanggotaan koperasi untuk penduduk bervariasi, namun dapat setinggi 1 dalam dua orang seperti di Finlandia dan Singapura, satu dari tiga di Kanada, Selandia Baru, Honduras, dan Norwegia, satu dari empat di Amerika Serikat , Malaysia dan Jerman.

Cooperative membership represents as much as 1 in 2 households in Finland, and 1 in 3 in Japan. keanggotaan Koperasi merupakan sebagai sebanyak 1 dalam 2 rumah tangga di Finlandia, dan 1 dari 3 di Jepang.
In terms of percentage of a country's GDP attributable to cooperatives, the proportion is highest in Kenya at 45 per cent, New Zealand with 22 per cent. Dalam hal persentase dari PDB negara terkait dengan koperasi, proporsi tertinggi di Kenya sebesar 45 persen, Selandia Baru dengan 22 persen.
Cooperatives account for 80 to 99 per cent of milk production in Norway, New Zealand and USA. Koperasi account untuk 80-99 persen dari produksi susu di Norwegia, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

They account for 71 per cent of fishery production in Korea, 40 per cent of agriculture in Brazil; 25 per cent of savings in Bolivia; 24 per cent of the health sector in Colombia; 55 per cent of the retail market in Singapore, 36 per cent in Denmark and 14 per cent in Hungary. Mereka account untuk 71 persen dari produksi perikanan di Korea, 40 persen pertanian di Brazil; 25 persen dari tabungan di Bolivia; 24 persen dari sektor kesehatan di Kolombia; 55 persen dari pasar ritel di Singapura, 36 per persen di Denmark dan 14 persen di Hongaria.

Financial cooperatives serve an estimated 857 million people, or 13 percent of the world population. Keuangan koperasi melayani 857 juta orang, atau 13 persen dari populasi dunia. 4,200 European cooperative banks, under the aegis of the European Association of Cooperative Banks, serve 149 million clients, including small and medium enterprises. 4,200 bank koperasi Eropa, di bawah naungan Asosiasi Bank Eropa Koperasi, melayani 149 juta nasabah, termasuk usaha kecil dan menengah.

Sumber : http://ivan-okeh.blogspot.com/2010/11/latar-belakang-ekonomi-koperasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar